Cara Menyimpan data di WhatsApp

gambar WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Aplikasi media sosial yang satu ini begitu banyak membantu mempercepat komunikasi antar pengguna.

Dengan fitur chat yang dimilikinya pengiriman pesan dengan ratusan katapun dapat mudah terkirim dengan biaya data yang relatif murah dibanding dengan fitur sms pada smartphone. Penggunaannya pun beragam mulai dari  untuk sekadar chatting, sampai pada media untuk jualan online. 

Fitur video call yang terbenam di WhatsApp seakan memotong jarak dan menghilangkan batas ruang antara orang yang terpisah ribuan  sampai jutaan kilometer. Selain itu  menjadikan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi utama yang harus terpasang di smartphone.

Demikian pula fitur wa group, yang menjadi sarana efektif dalam berkomunikasi yang melibatkan banyak orang. Komunikasi orang dalam suatu organisasi dan pemerintahan yang awalnya harus dilakukan dengan surat dalam bentuk fisik, kini telah tergantikan oleh surat digital dalam bentuk gambar atau file pdf. Bahkan file video dan berkas-berkas digital lain dapat dengan mudah dibagi via WhatsApp group.

Dengan berbagai fitur yang terbenam di WhatsApp tersebut dan kemudahannya dalam mengirim file, tentunya ada keinginan untuk menyimpan pesan atau file yang dianggap penting agar mudah dicari. Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan adalah pesan berbintang, tapi ini tentunya tidak private,  tetap pesan orang yang diberi tanda pesan bukanlah milik kita. Lantas bagaimana cara menyimpan pesan di WhatsApp?

Untuk menyimpan pesan di WhatsApp kita dapat memanfaatkan fitur group. Berikut langkah-langkahnya :
1. Buatlah sebuah group dengan mengundang salah seorang kontak wa sebagai anggotanya..
2. Beri nama group wa yang baru dibuat dengan nama group yang mudah diingat misalnya "My Data".
3. Setelah group terbentuk, keluarkan kontak yang ditambahkan tadi dengan cara ketuk nama group, ketuk tahan kontak yang akan dikeluarkan, pilih keluarkan...
4. Kirimkan group yang baru dibuat tadi semua data atau pesan yang akan disimpan.

Cara ini dapat dikembangkan dengan membuat beberapa group yang beranggotakan kita sendiri misalnya "Data Kantor", "Data Jualan" dan lain-lain.

Demikian cara menyimpan pesan atau data-data kedalam WhatsApp. Mudah kan...

Semoga artikel ini bermanfaat.