Cara buat akun siswa di Quipper School

Adanya pandemik covid 19 yang melanda dunia khususnya Indonesia, berdampak besar pada berbagai sektor mulai dari kesehatan, ekonomi, politik, hingga sektor pendidikan. Dampak tersebut memaksa manusia untuk bertransformasi dalam beraktivitas. Penggunaan teknologi mengalami peningkatan yang signifikan.

Dunia pendidikan sebagai salah satu sektor yang sangat terpengaruh oleh adanya pandemik ini. Kerumunan sebagai faktor terbesar penyebab cepatnya penularan virus covid 19 mengakibatkan sekolah, kampus, dan pesantren tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka langsung sebagaimana biasanya. Puncaknya menteri pendidikan Nadiem Makariem menerbitkan Surat Edaran No. 4 tahun 2020 tentang belajar dari rumah.

Kegiatan belajar dari rumah yang digagas oleh Menteri Pendidikan tersebut bukannya tanpa kendala dan tantangan. Ketersediaan akses internet dan perangkat untuk melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi kendala. Selain itu kesiapan guru maupun peserta didik untuk menggunakan berbagai Learning Managemen System (LMS) seperti google Classroom, Teams, Moodle, Edmodo, Schoology, Quipper School dan lain-lain juga kendala yang harus diatasi dan dihadapi oleh guru.

Quipper school merupakan salah satu platform yang mudah digunakan, untuk beberapa mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia dan biologi materinya sudah tersedia. Guru dapat dengan mudah memberikan penugasan dan latihan karena sudah tersedia beberapa contoh latihan soal. Selain itu guru juga dapat memantau progress pembelajaran peserta didik. 

Untuk menggunakan Quipper school guru dan siswa harus memiliki akun. Cara membuat akun gurubdi Quipper school dapat di baca pada artikel  Buat Akun Guru di Quipper, Salah Satu Alternatif PJJ

Setelah membuat akun, guru kemudian membuat kelas di Quipper sebagai kelas virtual yang akan digunakan untuk melakukan pembelajaran. Adapun cara buat kelas di Quipper daoat di baca di Cara Buat Kelas di Quipper School

Berikut ini cara buat akun siswa di Quipper school.

1.Buka browser di hp, ketikkan di web address www.quipper*com (ganti tanda * dengan titik)

2. Ketuk garis tiga di pojok kanan atas, pilih untuk siswa > Quipper school

3. Akan tampil form registrasi, isikan nama depan, nama belakang, no hp, grade (kelas), username, password, konfirmasi password, kemudian ketuk create account. 

4. Sampai di sini sudah succes membuat akun Quipper, dan akan masuk pada halaman depan aplikasi. 


5. Setelah itu siswa masuk kelas dengan cara memilih gambar orang (profile) di pojok kanan atas, sekali lagi klik tulisan profile, pilih class list > enter class code yang diberikan oleh guru, selanjutnya klik submit.

6. Pada tahap ini siswa sudah berhasil masuk kelas. Dan dapat melihat tugas dari guru dengan memilih Tugas atau To-dos di menu atas aplikasi.

Selengkapnya dapat dilihat di video berikut ini 




Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat. Terima kasih.